TES PAI KLS 7

Rabu, 24 Februari 2010

PESUGIHAN Bag. I

LIKA-LIKU TUYUL

Yang Kejam Matanya Satu

KALAU Mbah Wongsoinangun pernah mengaku bisa ‘rembugan’ dengan tuyul agar mau membantu ruwet renteng yang dialami manusia, itu karena nenek yang sudah almarhumah 3 tahun lalu ini tahu betul di mana letak asrama atau perkampungan tuyul.
Tapi pernah diungkap Mbah Wongso, tuyul-tuyul yang sering diminta tolong itu tergolong tuyul-tuyul bertabiat baik. Wajah dan penampilan tuyul tergolong baik itu pun mirip manusia normal.


Tapi tuyul yang suka merenggut nyawa manusia, atau sering disebut minta tumbal, selalu tampak aneh dan memiliki beberapa kelainan di wajahnya. Misal bermata satu, atau mulutnya tidak mendatar melainkan tegak.

Lagi pernah diungkap Mbah Wongso, pintu gerbang ‘asrama’ tuyul itu berupa sebuah batu yang terletak di kemiringan sebuah punggung gumuk atau bukit. Meski cuma bukit kecil, orang biasa menyebutnya dengan Gunung Suru, yang letaknya masih berada di dalam desanya. Untuk masuk ‘ke sana’ orang jelas harus memiliki indera keenam. Atau memiliki kemampuan paranormal. Mbah Wongso jelas memiliki hal itu. Tapi setelah nenek ini meninggal, ilmu yang dimilikinya hanya diturunkan kepada Mbak Warti (50) salah satu anaknya.

Suami Mbak Warti pun tergolong lelaki yang suka sesirih saat mudanya. Wagiman (65), suami Mbak Warti, mengaku tidak pernah tidur di dalam rumah sampai saat naik ke pelaminan bersama gadis bernama Suwarti. “Hampir setiap hari saya menyusuri beberapa sungai di daerah saya. Tidur juga di pinggir kali. Tapi kalau datang hujan, saya berteduh di dalam langgar,” ungkap Wagiman kepada Merapi belum lama di rumahnya, Jogotirto, Berbah, Sleman. Dia mengaku, selama menjalani laku prihatin, banyak mendapat piandel atau pusaka berupa tosan aji dan batu berkhasiat. “Saklaminipun kula nglampahi tirakat wonten ing pinggir kali, kula asring mireng polah tingkahipun lelembat,”. Selama dia menjalani tirakat di pinggir sungai, Wagiman juga mengaku kerap mendengar suara-suara misterius dari dunia lain. Misal suara gemerincing lampor, suara tertawa peri, dengus gendruwo dan sebagainya. Wagiman pun percaya sepenuhnya bahwa Gunung Suru merupakan perkampungan tuyul.

WATU OGAL-AGIL dinilai oleh mereka yang memiliki kemampuan paranormal sebagai pintu masuk ke dalam perkampungan tuyul. Meski letaknya mingklik-mingklik di punggung Gunung Suru yang amat terjal, tapi tidak bisa jatuh menggelinding ke bawah.

Dari zaman baheula hingga sekarang tetap di tempatnya.

Pernah sekali didongkel serdadu Belanda hingga jatuh ke kali, tapi bisa kembali ke tempat semula secara misterius.

Peristiwa itu makin menambah keyakinan Wagiman (65), bahwa Gunung Suru memang sebagai perkampungan tuyul. Tapi bagi Mbah Wongsoinangun, mertua Wagiman yang meninggal sekitar 3 tahun lalu, sudah sejak muda meyakini hal itu. Bahkan Mbah Wongsoinangun memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan para penghuni Gunung Suru. Beberapa di antara para tuyul malah ada yang diajak Mbah Wongso untuk ngenger kepada manusia. Mbah Wongso berani melakukan hal itu karena tahu bahwa para tuyul Gunung Suru bukan merupakan lelembut golongan hitam. Tidak suka menyakiti, colong-jupuk apalagi membunuh manusia. Tapi untuk mengajak mereka keluar dari asramanya bukanlah pekerjaan gampang. Hanya Mbah Wongso semata yang bisa melakukannya. Syaratnya pun tidak gampang. Hanya satu dua orang yang bisa memenuhinya sehingga tuyul Gunung Suru mau keluar kandang.

Setelah Mbah Wongso meninggal, kemampuan berkomunikasi dengan tuyul Gungung Suru sempat diturunkan kepada Suwarti (50), anak perempuannya yang diperisteri Wagiman. Kebetulan suami Suwarti juga memiliki kekuatan paranormal.


Wagiman juga mengaku pernah bertemu ular siluman Gunung Suru. “Saweripun ageng sanget. Gandheng lulut kaliyan kula, sawer wau lajeng kula bekta wangsul,” ungkap Wagiman. Katanya, ular itu amat besar. Karena jinak dengannya, lalu dibawa pulang. Tapi semalam berada di rumahnya, Wagiman bermimpi dalam tidurnya, diperintah seorang kakek untuk mengembalikan ular itu ke Gunung Suru. Wagiman menduga, ular yang jenisnya menyerupai Puspakajang itu sebagai ular peliharaan para tuyul di Gunung Suru. Karena merasa masih ingin terus bisa berhubungan dengan mereka, Wagiman segera mengembalikannya. Malam berikutnya Wagiman bermimpi lagi bertemu dengan kakek Gunung Suru. “Aku weling marang kowe, kandhanana brayatmu, pendak dina Minggu Pahing dan Jumat Kliwon aja pada kluyuran ana ing kali, sebab ingon-ingonku lagi pada saba.”

SEPERTI suara yang terdengar dalam mimpinya, Wagiman (65) anak menantu Mbah Wongsoinangun, mengaku mendapat pesan dari kakek dhanyang Gunung Suru agar warga setempat berhati-hati bila berada di sungai pada hari Minggu Pahing dan Jumat Kliwon. Menurut pesan kakek dhanyang, saat itu seluruh ingon-ingon-nya yang berada di Gunung Suru sedang diumbar mandi di sungai.

Gunung Suru sejak beberapa tahun lalu, diyakini beberapa paranormal merupakan asrama tuyul.

Termasuk diyakini Mbah Wongsoinangun (almh), Wagiman dan Suwarti (isteri Wagiman usia 50), yang ketiganya memiliki kekuatan paranormal. Kalau kakek dhanyang Gunung Suru berkata ‘sedang mengumbar ingon-ingon di sungai’, itu berarti pada Minggu Pahing dan Jumat Kliwon di sungai-sungai dekat Gunung Suru banyak tuyul ceciblon dan berkeliaran.

Wagiman mendapat berkah bisa berhubungan dengan jagad supranatural karena saat mudanya suka berpuasa. “Kejawi lampah-prihatin, kula ugi remen pasa. Antawisipun pasa mutih, Senin-Kemis, ngebleng dan pendak neton,” katanya kepada Merapi belum lama di rumahnya, Jogotirto, Berbah, Sleman. Laku prihatin yang dijalai Wagiman tidak semata-mata untuk memiliki daya linuwih. “Nanging ingkang penting, supados kula gampil lan gangsar anggen kula pados sandang pangan,” tambahnya. Maksudnya, laku prihatinnya itu lebih ditujukan agar dia mudah dan lancar dalam mencari rezeki atau sandang pangan.
Karena kuat prihatin di masa mudanya, Wagiman pun sekarang tak hanya buruh tani, melainkan tergolong petani pemilik tanah. Sawahnya relatif luas, terletak persis di sebelah utara dan timur Gunung Suru. Menurut Wagiman, gumuk yang dinilai sebagai asrama tuyul itu hingga sekarang tak ada yang menghuni.

Meski gentur puasanya, Wagiman mengaku masih ‘kalah ilmu’ dibanding isterinya. “Saestu, kula dereng menapa-menapanipun katimbang batih kula,” kata Wagiman merendah. Tambahnya pula, ‘ilmu’ yang berhubungan dengan Gunung Suru oleh Mbah Wongso hanya diturunkan kepada Suwarti, anaknya.

Kebolehan yang bisa dilakukan Mbak Warti tak hanya dikenal di Yogyakarta dan sekitarnya, tapi juga dari luar daerah. Belum lama, misalnya, Mbak Warti mendapat tamu dari Jambi, Sumatera. Bagaimana seharusnya berurusan dengan tuyul ?

PADA masa sulit seperti sekarang, banyak orang kelimpungan tergencet beban ekonomi. Saking beratnya menanggung beban, ada yang lari mencari jalan pintas untuk mengatasi masalah. Salah satunya dengan mencari pelarisan. Juga pesugihan. “Nanging ingkang dhateng panggenan kula, kathah-kathahipun namung pados pelarisan. Sanes pesugihan,” jelas Suwarti (50), isteri Wagiman (65) kepada Merapi Selasa (23/9) di rumahnya. Menurut Suwarti, orang yang datang ke rumahnya kebanyakan hanya mencari pelarisan.

Bukan pesugihan. Meski begitu, pelarisan yang dimaksud juga dengan bantuan makhluk jagad lain bernama tuyul. Dan seperti dijelaskan Wagiman, tuyulnya bukan tergolong tuyul jahat yang sering meminta tumbal nyawa. Juga bukan tuyul yang suka colong-jupuk. “Tujuanipun andadosaken angsar papan utawi panggenan usaha dados asrep lan wonten daya tarikipun,” tambah Suwarti. Maksudnya, adanya makhluk halus itu hanya untuk mengubah suasana tempat usaha seseorang menjadi ‘dingin’ dan memiliki daya tarik sehingga laris.

Menurut Suwarti, karena makhluk tersebut menginginkan suasana yang damai tenteram, maka kepada ‘pemilik’-nya berlaku larangan amat ketat. Antara lain tidak boleh memiliki hawa amarah yang berlebihan. “Ananging ingkang utami, piyantun ingkang ngingah ‘sepasang lare’ wau mboten pikantuk selingkuh. Leres ingkang jaler, ugi ingkang putri utawi semahipun,” papar Suwarti. Maksudnya, mereka yang berhasil memiliki anak asuh ‘sepasang pelarisan’ dari dunia lain tidak boleh melakukan selingkuh. Baik suami maupun isterinya.

Meski Suwarti mengaku bisa mendatangkan ‘bocah-bocah’ jagad lain untuk keperluan pelarisan, namun dia mengaku tidak memperdagangkannya. Pernyataan itu disetujui Wagiman, suaminya. “Kami tidak mengharap imbalan apa-apa. Kalau di kemudian berhasil usahanya, dia bisa mentas dari kesulitan, kami merasa ikut bersyukur. Belum lama, kami kedatangan seseorang yang berniat memberi imbalan sebanyak Rp 3 juta untuk ‘sepasang pelarisan’. Tapi isteri saya tidak mau memenuhi permintaannya. Tamu itu menunggu lama, tapi isteri saya malah tidur di kamar. Kami memang tidak berdagang untuk hal itu,” tandas Wagiman.

ALASAN kenapa Suwarti (50) dan Wagiman (65) tidak pernah memungut bayaran dari orang-orang yang meminta tolong kepada mereka, ada dasarnya. “Biasanipun tiyang ingkang dhateng mriki menika saweg nandhang susah, pramila kula mboten badhe nambah awrat susahipun kanthi nyuwun bayaran,” kata Wagiman kepada Merapi Selasa (23/9) di rumahnya.

Wagiman menyadari bahwa orang-orang yang datang ke rumahnya, biasanya sedang mengalami kesusahan atau kesulitan hidup, maka tidak mungkin Wagiman dan isteri membebaninya lagi.

Berdasar pertimbangan itu pula, Suwarti menandaskan bahwa ‘pelarisan’ yang diminta para tamunya tidak membutuhkan tumbal atau pengorbanan apa pun. Untuk membandingkan bahwa ‘sepasang bocah imut’ dari Gunung Suru jauh lebih baik dibanding ‘bocah-bocah imut’ di daerah lain, Wagiman menyebut sebuah nama, pawang tuyul yang beroperasi di wilayah Pantai Selatan Yogyakarta.
“Silakan pergi ke sana. Pasti akan dibantu dengan tarip tertentu. Mudah dan cepat terasa hasilnya, tapi risiko harus berani menanggung,” tandas Wagiman. Menurutnya, ‘bocah imut’ yang diperdagangkan itu diambil dari lokasi tertentu di Pantai Selatan, yang biasa dipakai keluyuran tuyul-tuyul jahat. Ada lagi satu lokasi yang ditunjuk Wagiman sebagai tempat mencari pesugihan yang memakai tumbal. Namanya cukup sohor, berada di satu kota di Jawa Timur.
Suwarti mengungkapkan, ilmu yang diwarisi dari Ny Wongsoinangun (almh) benar-benar ilmu alami yang dikembangkan ibunya itu. Diperoleh setelah melakukan puasa 40 hari 40 malam, tidur hanya beralas rumput segala. Turun dari gunungpun hanya mampu dilakukan dengan melorot. Pertama berbuka puasa, ibunya meminum air kelapa hijau muda dan memakan daging buahnya.

“Sebelum ibu meninggal tiga tahun lalu, ilmunya itu hanya diwariskan kepada saya,” kata Suwarti.

Untuk bisa mengadopsi ‘sepasang pelarisan’ dari Gunung Suru, selain puasa mutih selama 40 hari dan ngebleng 3 hari, harus juga menyediakan sesisir pisang raja, sapu gerang untuk bantal dan mori putih 2 meter. “Kalau semua sudah dipenuhi, lalu dibacakan mantera. Selesai mantera dibaca, maka ‘sepasang pelaris’ itu lalu dibungkus dengan mori dan kemudian bisa dibawa pulang,” kata Mbak Warti.

‘KAMAR KOS’ sebagai tempat tidur sepasang ‘bocah imut-imut’ atau tuyul, berupa sebuah almari. Ukurannya bebas. Dan seperti almari pada umumnya, harus memiliki daun pintu. Karena pada kurun waktu tertentu, almari itu harus dibuka untuk memasukkan ‘rantangan’ jatah makan tuyul berbentuk sesaji.

“Kepepetipun mboten gadhah lemari, mboten sisah ngangge ugi mboten dados punapa.

Nanging kedah wonten papan khusus kangge nyipengipun ‘batih alit’ kala wau,” jelas Suwarti (50) kepada Merapi akhir bulan lalu. Katanya, kalau memang tidak punya almari, tidak memakai juga tak menjadi soal. Tetapi harus ada tempat untuk tidur sepasang tuyul itu.

Sudah menjadi rahasia umum, ‘bocah imut-imut’ dari dimensi lain itu dikenal suka bermain-main di depan cermin. Kalau sudah keasyikan bermain cermin, menurut Mbak Warti, tuyul itu bisa lupa segala-galanya. Bahkan juga lupa pulang ke ‘kamar kos’-nya. Ujungnya, bisa hilang tak tentu rimbanya. “Maka tidak boleh dipasang cermin di dalam kamar di mana almari itu ditempatkan,” sergah Sugiman (65), suami Mbak Warti.
“Gandheng wujudipun badan alus, sesaji kangge ‘batih’ kalih kala wau awujud daging ‘kecok’ lan ubarampe sanesipun,” jelas Suwarti. Katanya, makanan untuk sepasang ‘bocah imut-imut’ itu berupa daging kecok plus beberapa sesaji. Dijelaskan Suwarti, daging kecok berupa hati ayam mentah diberi bumbu tumbar, bawang putih dan santan. Menu khusus itu tidak memakai garam.

Makanan itu tidak diberikan tiap hari, melainkan selama selapan (35 hari) sekali. “Namung, ing dinten-dinten anggoro kasih kados Selasa Kliwon lan Jumat Kliwon, prayoginipun dipun paringi sesaji awujud kembang setaman ingkang dipun wadhahi mangkok isi toya.” Menurut Mbak Warti pada hari-hari baik menurut perhitungan Jawa seperti Selasa dan Jumat Kliwon, sepasang ‘bocah imut-imut’ itu harus diberi sesajiberupa kembang setaman yang ditempatkan pada sebuah mangkuk berisi air. Selain itu juga harus diberikan sekul pethak ganda arum atau dibakarkan kemenyan.

Kalau ketika mendapatkan sepasang ‘bocah imut-imut’ tersebut dijalani dengan puasa penuh dan dilandasi hati suci, menurut Suwarti, si tuyul malah akan menyatu dalam badan si induk semang.

KARENA ilmu yang dimiliki Mbah Wongsoinangun (almh) bukan warisan, melainkan hasil dari laku spiritual amat panjang, wajar bila mengaku bisa tatap muka langsung dengan ‘bocah imut-imut’ dari dimensi lain. Beda dengan Suwarti (50), anaknya yang bersuamikan Wagiman (65), pewaris ilmu Mbah Wongsoinangun ini mengaku hanya bisa mendengar suaranya tanpa mampu melihat bentuk tuyulnya.

Menurut Wagiman dan Suwarti, siapa pun yang berhasil memiliki anak asuh sepasang ‘bocah imut-imut’ dari Gunung Suru, tidak akan bisa kaya mendadak seperti orang-orang yang memelihara tuyul pesugihan.

“Amargi ingkang ngingah ‘batih’ cacahipun kalih kala wau kedah bebakulan. Utawi dagang menapa kemawon. Menawi mboten nglampahi nyambut damel, inggih mboten pikantuk rezeki. Mboten wonten ing pundi kemawon, tiyang nganggur badhe pikantuk rezeki.” Menurut Suwarti, siapa saja yang memelihara sepasang ‘bocah imut-imut’ dari Gunung Suru harus bekerja. Bukannya bekerja dengan ngenger atau ikut orang, melainkan harus berdagang. Bekerja dengan mengandalkan inisiatif sendiri. Misal dengan membuka toko, warung, rumah makan dan sebagainya. Prinsipnya, ‘bocah imut-imut’ Gunung Suru hanya membantu agar usaha induk semang dalam mencari rezeki bisa gangsar atau lancar.

“Amargi tindak-tanduk ingkang gadhah momongan ‘batih kalih’ wau sae. Pramila ugi lajeng kathah rencang, kenalan dan langganan.” Karena perilaku sehari-hari induk semang selalu terkontrol, maka wajar bila bertambah teman akrab, banyak kenalan dan berjibun pelanggannya.

Suwarti mengaku pernah mendengar cerita tentang tuyul-tuyul yang tergolong jahat, tapi dia mengaku tidak memahami lebih jauh. “Yen soal niku, kula mboten faham,” katanya, kalau soal tuyul jahat Suwarti tidak tahu. Toh begitu, dia percaya bahwa tuyul jahat selalu minta tumbal. Andaikata pun keduanya tahu soal tuyul jahat, Suwarti dan Wagiman tidak mungkin bersedia berurusan. “Itu bertentangan dengan ajaran agama. Amit-amit, kami tidak mungkin berurusan dengan persoalan itu,” katanya.

CERITA panjang soal tuyul Gunung Suru, Jogotirto, Berbah, Sleman adalah hasil bincang-bincang tentang sepasang ‘bocah imut-imut’ yang tergolong baik. Bukan tuyul jahat seperti gambaran umum yang suka colong-jupuk dan meminta wadal atau meminta imbalan berupa nyawa manusia. Tuyul Gunung Suru digolongkan baik karena makhluk dimensi lain ini bersedia membantu orang-orang kecil agar terangkat dari kubangan hidup yang getir. Bukan berupa pesugihan, tapi hanya pelarisan. Apa yang telah diungkapkan Mbak Warti (50) dan Pak Wagiman (65), warga Jogotirto itu dapat memperkaya khazanah tentang makhluk dimensi lain.

Cerita soal pesugihan seperti yang sering terdengar di tengah masyarakat, terutama bila dikaitkan dengan peliharaan tuyul, selalu bernuansa haram. Sebab pada umumnya, selalu berhubungan dengan ‘pencurian uang’ dan ‘tumbal’. Pesugihan yang keruh dengan nuansa colong-jupuk pun bukan dominasi tuyul. Tapi juga ada cara-cara lain.
Di lereng Gunung Gede, Jawa Barat, misalnya, terdapat sebuah goa yang dipercaya sementara orang bisa membuat seseorang menjadi kaya. Tempat itu dipercaya dihuni oleh koloni siluman babi yang bisa alih-rupa menjadi wanita cantik dan sexi. Karena di dunia lain tidak ada butik atau rumah mode, menurut mereka yang memiliki kekuatan paranormal, para wanita cantik Gunung Gede itu malah tidak memakai busana secuil pun. Bagi paranormal yang suka iseng, eh, pemandangan seperti ini tentu saja bisa meneteskan air liur.

Di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah juga terdapat beberapa tempat untuk mencari pesugihan. Ada salah satu tempat yang bisa memberi pesugihan dengan cara nyegik atau ngipri. Cara ini juga dinilai haram karena ‘si pemberi kekayaan’ minta imbalan nyawa manusia seperti pesugihan lainnya. Syarat untuk mendapatkannya pun amat mudah. Cukup dengan membawa sesaji berupa kembang wangi, bunga kantil masih kuncup, menyan dan rokok ‘double-G’ bungkus merah. Tidak ada penjelasan dari Mbah Raden, jurukuncinya, kenapa warna rokok yang diminta seperti itu. Kini Mbah Raden sudah almarhum, dimakamkan di tempat itu.

Gunung Kawi juga dikenal sebagai tempat untuk mendapat pesugihan. Di Malang, ada juga tempat seperti itu, yakni di Pemandian Kera Mendit. Di Wonogiri, Jawa Tengah, ada tempat untuk mendapat pesugihan di desa Tirtomoyo. Kemudian juga di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Senin depan, Merapi akan mengungkapkan tuyul-tuyul yang bergentayangan di daerah Pantura. Tuyul yang tergolong jahil ini biasa disebut memet. Berikutnya ada beberapa kiat untuk menghadapi tuyul-tuyul yang demen colong jupuk itu.

BERSAMBUNG............

21 komentar:

marcellinus mengatakan...

mbah ko tau??
anaknya kaya tuyul ya???
wkwkwkwkwkwkwk.......

Unknown mengatakan...

gunung kawi bukan tempat untuk mencari pesugihan.

Anonim mengatakan...

tapi di gunung kawi penduduknya biasa aja ngak kaya2 bngt kayak di jkt

Anonim mengatakan...

Berapa mas harga tuyulnya per ekor mau ternak nich..heheheh....

Anonim mengatakan...

astagfiroollohaladhim semoga kt n anak cucu kt d jauhkn dr perbuatantercela,untuk menghindri dr perbwtan trcla mri kta jgn mninglkn solat 5 wktu berjamah d msjid tu d musola,kt bsa kok npa tdk bisa? tuk mengatsi tu kta pedoman begini ,slt paling lama 20 mnet tu d msjid berjrak 500 mter,20mnit toh gak da artinya d bdingkan pahalanya,di ramah ya gak ngapa2 kok,itu pedomAN yg pling jitu,bisa d buktikan semo3 bisa amin

cemplok mengatakan...

kata anak laki-laki Bapak Wagiman dan Ibu Warti, itu semua ga bener.. .

dian njhapruetz mengatakan...

kata cucu mbah wongso, itu semua tdk benar

alexendra mengatakan...

temy,trus gunung kawi itu tempat apa ya?

Anonim mengatakan...

sya ritual di gunung kawi gagal total..alhamdulilah saya salah satu orang yang sukses mengikuti pesugihan di jateng, dulu memang saya ritual gagal karena takut, sombong dan membohongi diri sendiri bahwa saya tidak benar2 dengan kondisi prihatin, dengan pengalaman tersebut saya mengulangi lagi dengan niat yang tulus dan keyakinan penuh bahwa pesugihan memang benar2 ada, akhirnya ritual saya yang kedua saya percayakan kembali kepada orang yang mengantar saya pertama,.alhamdulilah saya dapatkan apa yang selama ini saya cari, mohon teman2 yg ingin sukses spt sya dpt tlp/hub secara langsung jsa pengantar :087870051555/085777171555,atau lebih lengkapnya ada website:www.klenikyiza.blogspot.com, jangan menjatuhkan nama baik seseorang tanpa belum mengetahui kebenarannya, buktikan baru komentar, saya hanya bersikap obyektip tanpa pro dengan seseorang..thaks yiza atas perjuangan dan bantuan anda!!terima kasih

Unknown mengatakan...

untuk mahar seikhlasnya saja pak,insya allah abah akan menuntun bapak

Unknown mengatakan...

assalmualaikum,saya sedikit memberi info untuk menyelesaikan problema kehidupan,insya allah akan membantu anda,beliau tinggal di kota cirebon pondokan,silahkan yang mau berkonsultasi dengan beliau saya menyimpan nomor beliau 0823 1211 4794 beliau dengan abah ono, alhamdulilah saya sudah terbantu masalah hutang piutang dan rumah tangga,ini kesaksian saya,beliau hanya meminta mahar untuk dijadikan pembangunan masjid di desanya,waktu itu saya hanya shodaqohkan masjid sebesar 300ribu,dalam kurun 3hari di ijazahkan ilmu beliau,alhamdulilah saya tertolong,dan sampai saat ini saya masih menjaga tali silahturahmi dengan beliau..beliau media jalur putih,untuk pesugihan saya belum tahu,tapi kemungkinan dengar dari warga,beliau hanya memberi jalan saja..
sedikit info dari saya,semoga bisa bermanfaat dan bisa terselesaikan masalah anda,waalaikumsallam wr.wb

Anonim mengatakan...

saya dulu miskin dan hutang menumpuk dimana-mana bahkan karena bingung dan tak ada jalan keluar saya nekat untuk bunuh diri, akan tetapi setelah saya bertemu dengan mas INU di wonogiri hidup saya berubah 180 derajat, dan sekarang hidup berkecukupan dengan berdagang bakso di surabaya. mas INU ini adalah paranormal muda yang bisa membantu kesulitan anda tanpa mengharap imbalan...anda silahkan berkonsultasi langsung kerumahnya d/a Semin RT 02 RW 01, Widoro, Sidoharjo, Wonogiri JAwa Tengah. silahkan yang mau berkonsultasi dengan beliau saya menyimpan nomor beliau 08564 2474 257 , alhamdulilah saya sudah terbantu masalah hutang piutang dan rumah tangga,ini kesaksian saya,beliau tida meminta mahar dikasih biaya diterima tidak di kasih beliau pun tidak meminta. beliau juga sudah sering menyembuhkan orang sakit baik medisa maupun non medis

Anonim mengatakan...

ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

. GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

angka GHOIB; thailan

angka GHOIB; macau

angka ghoib; sidney

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb,salam persaudaraan,perkenalkan nama saya Dewi Zulianty asal dari Sukabumi niat saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2 yang sedang dalam kesusahan,dulu saya seorang yang sangat sukses usaha saya dimana2 bahkan saya berfikir uang yang saya punya bisa dipakai tujuh turunan,kesuksesan saya membuat saya lupa segalanya,bahkan saya tidak pernah shalat sekalipun,cobaan datang menghampiri saya akhirnya saya bangkrut dan gulung tikar,himpitan ekonomi memaksa asya jadi pemulung,saya punya tiga orang anak dan semuanya masih kecil,saya sempat stres dan hampir bunuh diri tapi setiap saya menatap wajah anak saya semua semangat saya datang,saya sudah taubat dan shalat lima waktu tidak saya tinggalkan,tanpa sengaja saya didatangi seseorang dan memperkenalkan saya dengan Aki Tirem,saya coba telpon Aki dan alhamdulillah saya tersambung dengan beliau tapi pada awalnya saya ragu ikut saran Aki tapi saya punya niat lepas dari masalah saya dan saya punya niat menyekolahkan anak saya sampai selesai akhirnya saya ikut saran Aki walaupun keterbatasan dana yang saya punya,dan alhamdulillah saya sujut syukur dan mengeluarkan air mata ketika melihat hasil dari apa yang aki berikan pada saya,sekarang saya kembali sukses dan punya beberapa toko bangunan di daerah sukabumi,terimah kasih Aki Tirem berkat aki saya bisa seperti ini,khusus untuk teman2 yang percaya dengan pengalaman saya dan punya masalah apapun silahkan hub langsung Aki Tirem di nomor 0853 4359 0187 insya allah akan dibantu dan jangan takut beliau membantu tidak melenceng dari ajaran agama,sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada pemuat web ini karna berkat ini saya bisa berbagi pengalaman saya,ini pengalaman nyata saya demi Allah tampa karangan apapun,sekian dan terima kasih Assalamualaikum Wrb.......

Unknown mengatakan...

Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim www.pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125,ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
anseajohan mengatakan...

Johan /jkt

Sy tdk prlu ngomong panjang lebar ini dan itu, cukup bukti yg bicara krn dng hal tsb pasti dijamin sukses, niat dan keyakinan sj,sy melanglang buana dunia pesugihan smp harta hbz, tdk putus asa alhasil sy dpt apa yg sy inginkan, kega2lan dan kehancuran usaha sy kemarin, anggaplah kaya yg tertunda, mau percaya syukur, tdk jg gak apa2 itu hak anda sendiri, dan sy bukan sdg promosi / beriklan, ini emang benar adanya, asal kita mau berjuang dan siap maka bisa terwujud, inilah info yg sy pernah kunjungi : pesugihan jawa tengah : klenik555 ( percaya syukur,tdk jg gak apa2 ) terserah saja, dan yang mau tanya2 secara pribadi juga boleh, tp lewat email saja ya : anseajohanjkt@gmail.com

NB : maaf sy tdk bs ksh no tlp, ckp lwt email pasti dijamin sy blz , tks


klenik555 mengatakan...

memaknai dan mensikapi info pesugihan
salam hormat dari kami
Saat diri tengah terpuruk,frustasi dan putus asa yang tidak berkesudahan, tentu anda ingin mendapatkan solusi yang tepat sehingga penderitaan yang berkepanjangan yang tengah anda hadapi dan rasakan dapat tuntas sehingga anda dapat menjalankan kehidupan baru penuh semangat dan optimis.

Solusi dan jalan keluar mungkin ada tidak dapatkan kepada : teman,saudara,pasangan hidup anda, atau sanak kerabat , dan lain sebagainya,terkadang pula kehadiran anda yang sudah carut marut mereka semua enggan untuk mendekat, apalagi didatangi diri anda, IRONIS BUKAN??? Padahal dukungan moril , suport lahir dan batin benar2 anda butuhkan, tapi sekali lagi tentu kekecewaan yang dalam dan rasa putus asa yang tidak berkesudahan tentunya.

Anda mencoba mencari info lewat media seperti : internet atau majalah , atau mungkin membranikan diri untuk bertanya kepada orang yang menurut anda dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada. Akan tetapi tidak semua tempat / media yang anda tuju dapat mengahasilkan kebenaran dan keinginan anda secara pribadi, bahkan bisa jadi info yang anda dapatkan melalui media tak lepas dari janji manis serta harapan indah sehingga anda terbuai dengan hal itu semua, tanpa sebelumnya mewaspadai dan jeli akan tindakkan yang sudah anda pilih.

Dalam hal ini, kami tidak ingin berkata bahwa tindakkan anda SALAH!!! Namun alangkah lebih baik dan bijaknya anda cermati tempat yang nantinya anda tuju, untuk sebuah harapan yang besar yang anda pikul sendiri, dan membawa harapan tersebut sukses sesuai keinginan anda secara pribadi .
Maraknya berbagai info pesugihan didunia maya / internet tentu dengan tampilan serta tawaran yg menggiurkan, dari kata GARANSI , DIJAMIN ( terjamin ) DIWAKILKAN dan BISA JARAK JAUH dng berbagai pernak pernik yg tentu menggiurkan / menjanjikan untuk calon pelaku ritual pesugihan, ditambah pula tak segan2 memplubikasikan dengan gelar : Ustad..., Ki... , Haji... ,Gus..., dan lain sebagainya atau julukan yang berkesan sangat mistis dan benar2 memberi keyakinan info dan tawaran pasti berhasil dng hasil yg memuaskan, ditambah pula dengan testimoni2 dari pelaku pesugihan, mewaspadai diri dan berkaca dari pengalaman serta mengantisipasi dari setiap kegagalan agar tdk terulang kembali, hal tersebut merupakan senjata yang ampuh untuk calon pelaku ritual yang nantinya siap untuk memutuskan dan memilih info manakah yg tepat untuk diyakini dan dimantapkan

“ DITIPU ATAU TERTIPU ATAU TIDAK INGIN TERTIPU ADALAH SEBUAH PILIHAN DARI DIRI ANDA SENDIR ( CALON PELAKU RITUAL ), MAKA JADILAH PELAKU YG CERDAS & TETAP BERFIKIR LOGIS “

Dalam hal ini kami tdk bisa menyalahkan media tempat siapapun bisa beriklan, perkara iklan asli atau iklan tipu2 hanya pemasang iklan & tuhan yg tahu, terkadang sebagai seorang pelaku /calon pelaku kita wajib cerdas & cerdik melihat & mengira2 serta menganalisa apakah be2rapa info yg anda jumpai benar2 akurat!! Dngan keberadaan tempat/domisili ( alamat ) konsistensi pemasang iklan, dan materi iklan / info tsb apakah masuk akal namun dalam hal kehati-hatian wajib untuk dilakukan memang dunia astral / ghoib / supranatural tdk menggunakan logika alias tdk masuk akal namun untuk menganalisa tentang sebuah kebenarannya dan kenyataannya dituntut menggunakan logika selain dengan mata hati, kami berusaha netral / objektif dan berada ditengah.


“GARANSI / JAMINAN : JANGAN MEMINTA GARANSI KE ORANG PINTAR!!! ILMU GHOIB / JURU KUNCI / DUKUN / PARANORMAL haram digaransikan. Jika ada hal tsb anda jumpai yg berani berikan garansi…segera tinggalkan krn PESUGIHAN adalah hal GHOIB bukan barang / benda yg berlogo GARANSI!!! “

semoga diri anda berkenan untuk membuka serta memplajari link website kami : www.klenik555.com

klenik555 mengatakan...

PESUGIHAN INSTAN ( pantang tipu2 )
Mengawali ditahun 2009 ( kurang lebih ) Puji syukur, kami slalu hadir hingga kini , dengan tampilan website yang begitu lengkap baik dari metode ritualnya sampai pelaksanaan dan prosesurnya , meskipun begitu banyak info di berbagai media seperti : internet yang tidak luput juga kami mendapatkan berita buruk bahkan kamipun dijatuhkan , dengan cara yang bijaksana mensyikapinya alhasil kami tetap berdiri hingga saat ini, hal tersebut karena keberadaan kamipun jelas saat kami infokan mengenai “ DUNIA PESUGIHAN INSTAN “ saat terdahulu sampai saat ini pun tidak mengalami perubahan, kalaulah memang kami menipu / berbuat jahat kepada pelaku ritual sudah barang tentu kami sudah tidak ada sejak lama….
awal kami hadir hingga kini tetap ada yang tidak ada perubahan yaitu diantaranya :
# No tlp kami
# website kami : karena hal tersebut terdaftar bukan website/blog abal2 hanya mencari keuntungan sesaat setelah dapat kemudian ditutup
# Tatacara pelaksanaan ritualnya : tidak mengalami perubahan baik dahulu hingga kini
# Biaya ritual ( sesajen / uborempe ) tidak mengalami perubahan sejak dahulu hingga kini
# Tempat kami : keberadaan kamipun jelas, pelaku ritual yang akan proses akan dipastikan sampai ketempat kami untuk menjalankan ritual yang sudah di putuskan
# Tujuan kami untuk membantu anda ( para pelaku ritual ) : hal ini kami sampaikan saat kami hadir diawal tentu saat ini dan sampai kapan pun tidak ada perubahan karena kami benar2 siap membantu diri anda yang benar2 membutuhkan
# Link Youtube kami : info jelas dan tampilan dari link tersebut bedasarkan website kami
Banyak info/tawaran dimedia internet atau hal apapun yang begitu maraknya hadir dan menawarkan dari berbagai versi nya masing2 dari yang ada GARANSI dan TERJAMIN BERHASIL hal ini diberikan manis diawal , namun kepahitan didalamnya atau saat menjalaninya , tentu pelaku ritual tergiur dengan tawaran muluk dan manis dari info yang didapat

Seperti yang sudah kami jelaskan di Beranda website kami, apabila kami disimpulkan penipuan atau hal buruk apapun pastinya tlp kami sdh tdk aktif dan website kami tutup ( closed ) yang artinya sudah tidak ada lagi dapat anda temukan saat anda mencarinya…

Berfikirlah bijak!! Cerdas dan jeli, tetap waspada agar diri anda benar2 terhindar dari oknum2 yang tidak bertanggung jawab….

Kami klenik555 akan siap membantu diri anda : http://klenik555.com/

Posting Komentar

my Child

?????:

sumbere background